BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Kamis, 19 Mei 2011

Azab Meninggalkan Sholat

Ya Allah...sungguh mengerikan azab yang Kau berikan bagi orang-orang yang telah melalaikan perintah-Mu, yakni yang sudah menjadi kewajiban kami sebagai hamba-Mu. Tak banyak orang seperti sekarang ini, ketika meninggalkan atau tidak bisa melaksanakan sholat karena sesuatu lalu dia menangis karena merasa dosa tidak menghadap pada-Mu. Mereka semua tidak sadar akan azab-Mu yang teramat pedih di akhirat nanti. Hanya Hidayah dari Mu yang mampu merubah segala sesuatunya.

Mungkin aku tahu untuk saat ini, tapi aku tak lepas juga dari hal lupa. Ampunkanlah dosa ku serta dosa orang-orang mukmin lainnya Ya Allah...
Teringat satu hadits. Rasulullah SAW, diperlihatkan pada suatu kaum yang membenturkan kepala mereka pada batu, Setiap kali benturan itu menyebabkan kepala pecah, kemudian ia kembali kepada keadaan semula dan mereka tidak terus berhenti melakukannya. Lalu Rasulullah bertanya: "Siapakah ini wahai Jibril"? Jibril menjawab: "Mereka ini orang yang berat kepalanya untuk menunaikan Sholat fardhu". (Hadits Riwayat Tabrani, sanad shahih). Naudzubillah...semoga kita bukan termasuk golongan yang seperti disebutkan hadits tersebut.

Azab bagi orang-orang yang meninggalkan sholat :

  • Shalat Subuh : satu kali meninggalkan, akan dimasukkan ke dalam neraka selama 30 tahun yang sama dengan 60.000 tahun di dunia.
  • Shalat Zuhur : satu kali meninggalkan, dosanya sama dengan membunuh 1.000 orang umat islam.
  • Shalat Ashar : satu kali meninggalkan, dosanya sama dengan menutup/meruntuhkan ka’bah.
  • Shalat Magrib : satu kali meninggalkan, dosanya sama dengan berzina dengan orangtua.
  • Shalat Isya : satu kali meninggalkan, tidak akan di ridhoi Allah SWT tinggal di bumi atau di bawah langit serta makan dan minum dari nikmatnya.
Dalam Al-Qur'an Allah berfirman :

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا إِلَّا مَنْ تَابَ وَآَمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا
“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui al ghoyya, kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh.” (QS. Maryam: 59-60)


Dalam ayat di atas, Allah menjadikan tempat ini (ghoyya) yaitu sungai di neraka Jahannam sebagai tempat bagi orang yang menyia-nyiakan shalat dan mengikuti hawa nafsu. Ghoyya yang merupakan bagian neraka paling bawah, tempat orang-orang kafir.

Semoga tulisan ini berguna dan bermanfaat bagi siapa saja (kaum muslim dan muslimin) yang membaca. Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat, wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

0 komentar: